Ini 5 Lokasi Investasi Tanah yang Berpotensi Menguntungkan

Investasi tanah juga memiliki keterikatan dengan bisnis properti. Bedanya, properti berarti sudah terdiri dari tanah dan bangunan di atasnya, sedangkan investasi tanah masih sebatas lahan yang belum memiliki bangunan di atasnya.

Menanamkan investasi pada tanah cukup menguntungkan. Anda hanya perlu mengetahui jenis-jenis tanah yang ada agar bisa menjadikannya sebagai patokan dalam membeli  tanah. Salah dalam hal ini bisa mengakibatkan Anda menderita kerugian karena kesulitan untuk menjual kembali tanah tersebut.

Jenis-Jenis Tanah yang Perlu Anda Ketahui

  1. Tanah yang  belum berprospek pembangunan

Jenis tanah yang belum berprospek untuk pembangunan berarti belum masuk  ke dalam tata ruang yang lebih spesifik. Misalnya, belum bisa ditentukan apakah nanti bisa dijadikan kawasan perumahan atau kawasan industri. Jenis tanah yang seperti ini memiliki harga jual yang cenderung lebih miring.

tips memilih investasi tanah kavling » Ini 5 Lokasi Investasi Tanah yang Berpotensi Menguntungkan

Jika prediksi awal saat membeli tanah tersebut tepat. Misalnya, terbukti bisa dijadikan lahan perumahan, pusat industri, dan yang lainnya, otomatis harga jualnya akan meningkat drastis dan menguntungkan. Tapi jika meleset dari prediksi awal, maka harga tanah tersebut akan tetap statis.

  1. Tanah yang berada di lokasi strategis

Tanah yang stategis tentu saja memiliki nilai jual yang tinggi. Meskipun di awal pembelian cukup tinggi harganya, namun harga jualnya cenderung meningkat drastis jika kelak dijual kembali. Beberapa contoh tanah yang berada di lokasi strategis seperti dekat dari jalan raya, dekat dari pusat kota dan pusat perbelanjaan, dekat dari bandara, dekat dari fasilitas umum, dan yang lainnya.

  1. Tanah ideal

Idealnya sebuah tanah diliat dari luasnya. Tanah yang ideal tentu saja berpotensi untung besar jika suatu saat akan dijual kembali. Ada rumus tertentu dalam menentukan bentuk tanah yang ideal, salah satunya adalah patokan lebar tanah yang berada pada kisaran 40-75 persen.

Hitungan konkretnya, tanah ideal adalah yang berukuran 12X20 meter persegi, 8X18 meter persegi, 12X20 meter persegi, dan lain-lain. Sebab, tanah dengan ukuran di atas sangat sempurna untuk didirikan bangunan. Apalagi jika bentuk tanahnya trapesium, tentu jauh lebih besar potensi keuntungannya karena jenis tanah seperti ini banyak dicari orang.

  1. Patokan tambahan

Selain ketiga patokan di atas, ada patokan lain yang turut mempengaruhi bagusnya lokasi sebuah tanah. Contoh patokan  tersebut adalah kepadatan dan kemiringan tanah, lingkungan sekitar, dan yang lainnya.

Ini 4 Tipe Tanah Kavling yang Perlu Diketahui

Selain memperhatikan keempat patokan tanah di atas, pertimbangan lainnya yang juga perlu diperhatikan adalah tipe tanah kavling tersebut. Salah seorang pengamat properti yang bernama Panangian Simanungkalit, menyebutkan dalam bukunya yang berjudul  “Menjadi Kaya melalui Properti”bahwa ada 6 tipe tanah kavling, yaitu ;

  1. Tipe kuldesak

Tipe kuldesak adalah tipe tanah yang lokasinya di ujung jalan buntu, dengan kondisi tanah yang semakin melebar kebagian belakang. Tanah tipe ini terbilang cocok dibanguni rumah tinggal, meskipun nilai minusnya terdapat pada area depan yang sempit untuk lahan parkir.

  1. Tipe interior lot

Tipe interior lot adalah tipe tanah yang berada di tengah-tengah perumahan. Sisi minus tanah ini adalah lokasinya yang hanya memiliki satu sudut pandang saja yaitu ke depan, tapi memiliki nilai plus dari segi keamanan.

  1. Tipe corner lot

Tipe corner lot adalah tipe tanah yang posisinya di sudut. Di posisi ini biasanya ada kelebihan tanah. Biasanya tipe kavling seperti ini kedepannya bisa didirikan tipe bangunan komersial dikarenakan muka bangunan akan tampak lebih luas.

  1. Tipe intersection lot

Tipe intersection lot adalah tipe tanah tusuk sate. Nilai plusnya adalah memiliki sudut pandang yang luas, meskipun nilai minusnya adalah kurang nyaman bila ditakar dari segi keamanan.

  1. Tipe key lot

Tanah key lot adalah tanah yang lokasinya terletak di tengah-tengah dan cenderung mengunci bangunan di sekitarnya. Nilai plus tanah ini adalah bentuknya yang memanjang ke belakang dengan area parkir yang  luas.

  1. Tipe flag lot

Tipe flag lot adalah tipe tanah yang bentuknya menyerupai bendera. Mirip huruf L. Tipe kavling seperti ini sangat tidak cocok untuk mendirikan bangunan komersial di atasnya.

Baca Juga :

Dapur Dinding Kamar Mandi Kamar Tidur Pintu Rumah Ruang Keluarga Ruang Makan Ruang Tamu
panduan dekorasi kamar mandi minimalis yang bersih 300x200 » Tips Memiliki Ruang Kamar Mandi Minimalis Yang Bersih
Tips Memiliki Ruang Kamar Mandi Minimalis Yang Bersih
Perapian mungkin bisa dijadikan teman 300x200 » 12 Inspirasi Desain Perpustakaan Rumah, Cocok Untukmu yang Gemar Membaca
12 Inspirasi Desain Perpustakaan Rumah, Cocok Untukmu yang Gemar Membaca
contoh pemanfaatan area bawah tangga 300x200 » 4 Trik Memanfaatkan Ruangan di Rumah Anda
4 Trik Memanfaatkan Ruangan di Rumah Anda
Atap Pagar Taman Teras
tanaman hias toga untuk taman kantor 300x200 » Jenis Tanaman Hias Toga untuk Lingkungan Kantor
Jenis Tanaman Hias Toga untuk Lingkungan Kantor
taman di dalam rumah nyaman dan asri
Tips Membuat Taman Di Dalam Rumah Yang Nyaman & Asri
Contoh Desain Pintu Kayu Rumah sederhana Nan Minimalis Dengan Kaca
Tips Menyiasati Daun Pintu Yang Menyusut Dan Memuai
contoh desain type rumah minimalis sederhana 300x200 » Contoh Type Rumah Minimalis Sederhana sebagai Hunian Idaman Keluarga Anda
Contoh Type Rumah Minimalis Sederhana sebagai Hunian Idaman Keluarga Anda
contoh denah rumah minimalis 300x200 » Keunggulan Desain Rumah Minimalis Sederhana Terbaru
Keunggulan Desain Rumah Minimalis Sederhana Terbaru
rumah minimalis terbaik
Tips  Mendesain Rumah Minimalis Yang Terbaik
Gambar Desain Model Rumah Minimalis Modern 2
Desain Rumah Minimalis Modern Bergaya Eropa
desain karpet untuk rumah minimalis 300x200 » Cara Menghias Rumah Minimalis Dengan Karpet
Cara Menghias Rumah Minimalis Dengan Karpet
prinsip desain rumah ala arsitek
8 Prinsip Mendesain Rumah ala Arsitek
rumah minimalis
Periksa Kelengkapan Surat-Surat Rumah Sebelum Memutuskan Untuk Membeli
pemasaran rumah
Diperlukannya Strategi Dalam Pemasaran Rumah